Tugas Jurnal Aplikom

Posted: October 2, 2012 in Uncategorized

PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARMATEMATIKA SISWADI SMP NEGERI 1 SUKARAME KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT

Oleh: Cucu Sukmara (SMPN 1 Sukarame Kab. Tasikmalaya)

 

A.    Pendahuluan

Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional telah merancanangkan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia setelah dirasakan dampaknya akhir-akhir ini dengan beberapa indikasi ketidakmampuan bersaing dalam meraih kesempatan kerja baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu melalui pendidikan yang bermutu diperlukan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju. Beberapa langkah nyata yang diambil pemerintah, diantaranya perubahan kurikulum dalam kurun waktu tertentu dengan berbagai bentuk dan model hingga kurikulum yang diberlakukan sekarang, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memberikan peluang kepada guru dan siswa untuk mengembangkan potensinya.

Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan peneliti ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas VIII C, antara lain:

1. Minat belajar matematika sebagian besar siswa rendah.

2. Aktivitas individu maupun kelom-pok belum terlihat maksimal, masih banyak siswa yang lebih banyak diam menunggu hasil kerja temannya yang lebih pandai atau bahkan menyontek pekerjaan temannya.

3. Banyak tugas pekerjaaan rumah yang tidak dapat mereka selesaikan dengan alasan tidak bisa dan tidak ada dorongan belajar dari orang tuanya.

4. Diperlukan metode yang tepat untuk menumbuhkan minat dan aktivitas siswa.

5. Hasil belajar pada Ulangan harian  sebelumnya rendah, hanya 60% siswa yang mampu mencapai dan melampaui nilai KKM (nilai rata-rata KKM KD sebelumnya 65)

Oleh karena itu, penulis melaku-kan penelitian untuk mengetahui apakah ada  peningkatan hasil belajar siswa dalam materi luas dan volum Bangun Ruang Sisi Datar (kubus, balok, prisma dan limas) menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT).

B. Pembahasan

Sebelum melakukan tindakan dalam penelitian, peneliti melakukan observasi awal dengan menganalisa hasil ulangan harian Kompetensi Dasar (KD) sebelumnya KD.5.1. dan KD. 5.2. yaitu khusus di kelas VIII C. Hasil observasi menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah dan model pembelajaran yang digunakan  dirasakan peneliti kurang tepat.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam memperbaiki kelemahan dan kekurangan pada siklus I untuk diperbaiki pada siklus II adalah:

  1. Guru harus memotivasi siswa agar siswa bersemangat dalam belajar serta guru harus memberikan apersepsi.
  2. Guru harus bersikap tegas dengan menegur/memberi sanksi kepada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru.
  3. Guru harus selalu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti.
  4. Guru harus mampu mengelola waktu dengan efisien agar semua tahapan kegiatan dalam skenario pembelajaran dapat terlaksana.

Secara umum pada pelaksanaan tindakan siklus II ini telah ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Hal ini terlihat pada hasil observasi guru dan siswa.

Hasil observasi terhadap guru menunjukkan bahwa :

  1. Guru selalu menjelaskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.
  2. Guru sudah bersikap tegas dengan menegur/memberi sanksi kepada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru.
  3. Guru memberikan bantuan/bimbingan kepada kelompok atau siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal dalam LKS dan memberikan penghargaan kepada kelompok /siswa yang menjawab dengan benar.
  4. Guru sudah dapat melaksanakan hampir semua tahapan kegiatan dalam skenario pembelajaran pada siklus II.

C. Kesimpulan dan saran

Dari analisis data secara kuantitatif hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sukarame, ternyata metode NHT yang digunakan pada pembelajaran pemecahan masalah luas Bangun Ruang Sisi Datar  dapat meningkatkan  hasil belajar siswa.

Dengan keberhasilan strategi pembelajaran metode NHT  dalam pemecahan masalah luas Bangun Ruang Sisi Datar, disarankan agar para guru yang mengajar Matematika dapat menerapkan metode ini dalam kegiatan pembelajarannya.

D.Kekurangan dan Kelebihan

Kelebihan : model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kekurangan : masih terlalu sedikit guru – guru yang belum memahami tipe Numbered Heads Together ( NHT ) dan belm menerapan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s