Jurnal penggunaan teknologi matematika di sekolah

Posted: October 4, 2012 in Uncategorized

Jurnal Kajian Filosofi, Teori, Kualitas, Dan Manajemen Pendidikan

Effects of Use of Graphic Calculators on Performance in Teaching and Learning Mathematics

Nor’ain M. Tajudin, Rohani A. Tarmizi, Wan Z. W. Ali, Mohd. M. Konting

 

Abstrak
Ada peningkatan minat dalam menggunakan teknologi genggam, terutama kalkulator grafik, oleh para guru matematika, pengembang kurikulum, dan guru pada umumnya seperti dijelaskan dalam beberapa studi. Meskipun teknologi grafik genggam sudah ada sejak hampir dua dekade, penggunaan kalkulator grafik dalam ruangan kelas sekolah menengah belum berterima, dipahami, dan didokumentasikan secara baik dan universal. Di Malaysia, penelitian tentang penggunaan kalkulator grafik masih sangat baru dan memerlukan kajian lebih lanjut, terutama dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain kelompok kontrol non-equivalent yang menggunakan dua kelompok utuh empat siswa. Tujuan utama penelitian adalah untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan kalkulator grafik terhadap kinerja siswa dalam bidang pembelajaran relasi dan fungsi. Temuan dari penelitian ini memiliki pengaruh pedagogis penting terhadap penggunaan teknologi kalkulator grafik sebagai alat pengajaran dan pembelajaran matematika.

 

Kelebihan : Metode  ini dapat menunut siswa untuk lebih berfikir n bertindak modern dan mempermudah siswa dalam megerjakan soal – soal yang sulit

 

Kekurangan : Dengan adanya metode ini membuat siswa/i merasa terlalu instan dlam mengerjakan setip soal – soal yang ada, sehingga dia tidak brfikir kritis dan cermat

Jurnal Kajian Filosofi, Teori, Kualitas, Dan Manajemen Pendidikan

Effects of Use of Graphic Calculators on Performance in Teaching and Learning Mathematics

Nor’ain M. Tajudin, Rohani A. Tarmizi, Wan Z. W. Ali, Mohd. M. Konting

 

Abstrak
Ada peningkatan minat dalam menggunakan teknologi genggam, terutama kalkulator grafik, oleh para guru matematika, pengembang kurikulum, dan guru pada umumnya seperti dijelaskan dalam beberapa studi. Meskipun teknologi grafik genggam sudah ada sejak hampir dua dekade, penggunaan kalkulator grafik dalam ruangan kelas sekolah menengah belum berterima, dipahami, dan didokumentasikan secara baik dan universal. Di Malaysia, penelitian tentang penggunaan kalkulator grafik masih sangat baru dan memerlukan kajian lebih lanjut, terutama dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain kelompok kontrol non-equivalent yang menggunakan dua kelompok utuh empat siswa. Tujuan utama penelitian adalah untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan kalkulator grafik terhadap kinerja siswa dalam bidang pembelajaran relasi dan fungsi. Temuan dari penelitian ini memiliki pengaruh pedagogis penting terhadap penggunaan teknologi kalkulator grafik sebagai alat pengajaran dan pembelajaran matematika.

 

Kelebihan : Metode  ini dapat menunut siswa untuk lebih berfikir n bertindak modern dan mempermudah siswa dalam megerjakan soal – soal yang sulit

 

Kekurangan : Dengan adanya metode ini membuat siswa/i merasa terlalu instan dlam mengerjakan setip soal – soal yang ada, sehingga dia tidak brfikir kritis dan cermat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s